Senin, 04 Oktober 2010

super komputer


  • super komputer di sebut juga dengan nama parallel processor, karena super komputer adalah komputer mainframe yang menpunyai banyak prossecor yang di pasang secara parallel. contohnya adalah super komputer yang di gunakan di perusahaan telepon PTT di belanda menggunakan sebanyak 48 prosessor paralel.
  • Superkomputer adalah sebuah komputer yang di garis depan kapasitas pengolahan saat ini, khususnya kecepatan perhitungan.Superkomputer diperkenalkan pada tahun 1960 dan dirancang terutama oleh Seymour Cray di Control Data Corporation (CDC), yang memimpin pasar ke 1970-an sampai Cray kiri untuk membentuk perusahaan sendiri, Cray Research . Dia kemudian mengambil alih pasar superkomputer dengan desain baru, memegang posisi teratas di superkomputer selama lima tahun (1985-1990)  . Pada tahun 1980-an sejumlah besar pesaing kecil memasuki pasar, secara paralel dengan penciptaan komputer mini pasar dekade sebelumnya, namun banyak dari menghilang pada pertengahan tahun 1990-"pasar crash superkomputer".
  • Superkomputer istilah itu sendiri agak cairan, dan's superkomputer hari ini cenderung menjadi's biasa besok komputer . awal mesin CDC itu hanya sangat cepat prosesor skalar , sepuluh kali beberapa kecepatan mesin tercepat yang ditawarkan oleh perusahaan lain.superkomputer sebagian besar didedikasikan untuk menjalankan prosesor vektor , dan banyak pemain baru maju seperti prosesor mereka sendiri dengan harga yang lebih rendah untuk masuk pasar.  awal dan pertengahan 1980-an melihat mesin dengan sejumlah kecil prosesor vektor bekerja secara paralel untuk menjadi standar. . nomor Khas prosesor berada di kisaran empat hingga enam belas. Pada tahun 1980 nanti dan 1990-an, perhatian beralih dari prosesor vektor ke besar pengolahan paralel sistem dengan ribuan "biasa" CPU , beberapa makhluk dari unit rak dan lainnya adalah desain khusus. Hari ini, desain paralel didasarkan pada "dari rak" server-kelas mikroprosesor , seperti PowerPC , Opteron , atau Xeon , dan coprocessors seperti NVIDIA Tesla GPGPUs, GPU AMD, IBM Cell , FPGA .  Sebagian besar superkomputer modern sekarang sangat-tuned kelompok komputer menggunakan prosesor komoditas dikombinasikan dengan adat interkoneksi.

 di ambil dari berbagai sumber reverensi:
-http://en.wikipedia.org/wiki/Supercomputer
-buku sistem komputer hal 15

Tidak ada komentar:

Posting Komentar